Home > Peta, Solusi > Peta RBI Digital Murah?

Peta RBI Digital Murah?

Saat ini, boleh dikatakan bahwa pekerjaan pemetaan hampir seluruhnya menggunakan teknologi digital. Konsekuensinya adalah data yang digunakan pun harus dalam format digital. Perolehan data digital saat ini jauh semakin mudah dengan pemanfaatan internet. Di Amerika, beberapa data dasar dapat diperoleh dari instansi pemerintah secara gratis dalam format digital.

Di Indonesia, kondisi seperti di Amerika mungkin harus menunggu beberapa puluh tahun lagi. Peta dasar digital sebenarnya sudah tersedia di Bakosurtanal dalam beberapa ukuran skala dan wilayah liputan. Peta tersebut dirasakan masih cukup mahal (1 lembar skala 1:25.000 [13,75 km x 13,75 km] semua layer [6 layer] seharga Rp. 475.000,-), apalagi bagi para mahasiswa.

Berikut tips sederhana untuk mendapatkan data digital Peta Rupa Bumi Indonesia secara murah dan halal:

  1. Beli Peta RBI hardcopy lembar-lembar yang dibutuhkan dari Bakosurtanal. Harganya Rp. 40.000,- per lembar (harga Bulan Agustus 2010). Peta ini tidak boleh dilipat karena akan meninggalkan garis-garis yang mengganggu ketika discan.
  2. Scan peta tersebut dengan resolusi minimal 300 dpi. Ingat! Peta sebaiknya discan dengan scanner besar (A0) sehingga tidak perlu proses penyambungan.
  3. Buka peta hasil scan dengan ArcGIS untuk memberikan koordinat geografisnya. Ini sangat mudah dilakukan dengan menu Georeferencing.
  4. Simpan peta hasil georeferencing dengan format yang diinginkan.
  5. Digitasi peta tersebut untuk mendapatkan fitur-fitur yang diinginkan. Tidak perlu semua fitur yang tergambar di peta RBI didigitasi. Digitasi yang dilakukan pada fitur-fitur yang diinginkan. Proses ini cukup memakan waktu, tapi pasti akan menambah kemahiran (mahasiswa) dalam proses digitasi/input data.

Selamat mencoba!

  1. tjox
    December 3, 2010 at 4:37 am

    apakah ada jaminan letak koordinat sama persis dengan rbi digital?
    apabila hasil digitasi tentu akan berbeda dibanding dengan RBI Digital yang menjadi standar nasional.

    • December 5, 2010 at 11:37 pm

      Jika yang diinginkan “sama persis”, tentu hal ini tidak dapat terpenuhi dengan teknik ini. Tapi yang jelas, jika dikerjakan dengan teliti, dapat diperoleh hasil yang mendekati aslinya, dengan ketelitian yang dapat diterima.

      Trims for your comments.
      -gis4U.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: